SOAL DAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL SMP





Rounded Rectangle: TAMAN MINI INDONESIA INDAH
 Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah taman yang berbasis budaya, menampilkan miniatur yang menggambarkan keindahan dan keragaman Indonesia dalam lahan yang kecil di daerah Jakarta Timur. Secara populer di kenal sebagai Taman Mini , isi taman ini adalah 26 replika rumah adat tradisional yang ditemukan di seluruh kepulauan Indonesia dari Aceh ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua.
1.   Berdasarkan kutipan teks di atas yang menggunakan kata “ rujukan” adalah ...
A.     Taman Mini Indonesia Indah menggambarkan keragaman Indonesia
B.     Taman Mini Indonesia Indah merupakan replika budaya Indonesia
C.     Isi Taman Mini Indonesia Indah menampilkan miniatur Indonesia
D.     Isi taman ini adalah 26 replika rumah adat tradisional Indonesia

2.   Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!


Rounded Rectangle:  Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup mencakup benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan tumbuhan. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan tumbuhan. Jika terpelihara dengan baik lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir batin tetapi jika terabaikan akan mendatangkan bencana. Oleh karena itu, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan hidup.

   Berdasarkan kutipan teks hasil observasi tersebut, kalimat yang menggunakan konjungsi perlawanan adalah
A.   Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang berhubungan  
      timbal balik
B.     Lingkungan hidup yang terpelihara dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir batin tetapi jika terabaikan akan mendatangkan bencana.
C.     Benda hidup atau benda mati perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan tumbuhan
      D.  Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan  tumbuhan

3.    Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat

Terumbu  karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup  di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan  laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya yang tidak terkena polusi. Di  samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan,  seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut  Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri,  kerapu, baronang.

Informasi tersurat pada  kutipan teks hasil observasi diatas adalah..
        A. Jenis terumbu karang di Taman Nasional Bunaken.
        B. Terumbu karang di Taman Bunaken banyak yang rusak
        C. Manfaat terumbu karang di Taman Mini Indonesia.
        D. Taman Laut Bunaken tidak tersinari cahaya.

4.      Bacalah penggalan teks hasil observasi berikut! DUK (Deduktif Umum Khusus)
Reptil adalah salah satu kelompok hewan verteberata dengan sejarah terpanjang. Sejak pertama kali muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, reptil diyakini diturunkan dari amfibi. Selama evolusi, mereka telah menghasilkan banyak keturunan yang unik, yang paling terkenal adalah Dinosaurus.
Pernyataan dalam paragraf  teks hasil observasi tersebut  menunjukan bagian definisi...

A.  Umum                                    
B.  Khusus
C.  Bagian                                               
D.  Manfaat


5.      Bacalah penggalan teks cerita fabel berikut!
“ aku mau membantumu”, Jiji menawarkan diri “Kau bisa menggunakan aku sebagai tangga.”
“terima kasih teman.’ Dengan gembira Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian ia memegang kaleng cat dengan mulutnya. Dia merasa nyaman menempel di leher sang Jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang sulit. Si tikus mengecat langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak Beruang sang pemilik rumah sangat suka.
Pesan tersurat pada petikan teks cerita fabel tersebut adalah...
A.  Kita harus naik jerapah apabila ingin menjangkau atap rumah.
B.  Tikus sangat baik hati, karena membantu jerapah.
C.  Sifat jerapah yang suka menolong perlu kita contoh.
D.  Pak Beruang membantu tikus mengecat rumahnya.

6.      Bacalah penggalan teks cerita fabel berikut!
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang selalu bisa pergi ke tempat yang ia suka.  Bahkan , sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa dirinya binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekannya. Makna kata yang bercetak miring pada penggalan teks cerita fabel tersebut adalah...

A.  Suka berdiri, cemooh.                       
B.  Senang, benci
C.  Besar hati, hinaan                              
D.  Sombong, hinaan


7.      Bacalah kutipanteks  fabel berikut dengan saksama!


Rounded Rectangle:  Di padang rumput yang indah dan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal, setiap hari kerjaaanya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak, Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk Hehehe. . .Dengan tipu muslihat Si kelinci mampu membuat Pak Kijang lari terbirit-birit.
 
Kutipan paragraf tesebut termasuk struktur teks bagian ... .

A.    Orientasi              C. Koda
B.    Resolusi               D. Komplikasi
   
8.   Bacalah kutipan biografi berikut!
Ir. Joko Widodo yang lebih popular dengan nama Jokowi lahir di Solo, 21 Juni 1961. Beliau merupakan pengusaha mebel, serta Wali Kota Solo terpilih selama dua periode. Selama kepemimpinannya , Solo mengalami banyak kemajuan.
Hal tersebut dikarenakan Jokowi melakukan ... langsung dan jelas dengan masyarakat Solo. Salah satu cara bentuk komunikasi adalah melalui saluran televisi lokal.
Langkah besar yang dilakukan adalah menolak investor yang tidak memperhatikan kepentingan publik.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah...

        A.    Komunikasi
        B.    hubungan
        C.   publik
        D.   masyarakat


9.    Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat, kerjakan untuk nomor 5 dan 6!
Abration
      Terumbu karang, ikan dan tumbuhan laut tersebut sangat berma bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi.Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrazi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

A.    Gisi, ekonomi, bako, abrasi
B.    Gizi, ekonomi, bakau, abrazi
C.   Gizi, ekonomi, bakau, abrasi
D.   Gisi, ekonomi, bakau, abrasi


10.  Bacalah teks laporan berikut!
Setiap peserta didik, khususnya di Sekolah Menengah Pertama mempunyai karakteristik tersendiri. Secara umum peserta didik SMP mempunyai persamaan, tetapi mereka juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut bisa menyangkut kafasitas keterampilan,  intelektualitas, motivasi, dan latar belakang keluarga. Perbedaan ini perlu disikapi guru untuk memilih strategis dan bahan pembelajaran yang bervariasi.
Kata yang tepat untuk mengganti kata yang tercetak miring adalah ....
A.    kapasitas, intelektuil, strategis
B.    kafasitas, intektual, strategik
C.   kapasitas, intelektual, strategi Ahad, ahat , dzuhur atau zuhur , salat atau sholat
D.   kapasitas, intelektualitas, stategik

11.  Bacalah teks berikut!
(1 Perbaikan kalimat kedua () Sebuah studi baru di Jepang menyatakan, dengan memakan tomat hanya dua hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko depresi hingga setengahnya. (2) Para peneliti semua menganalisis kesehatan mental dan polamakandari 986 orang.(3) Mereka mencatat sebanyak  70 orang partisipan rutin makan buah tomat. (4) Dari penelitian itu dapat disimpulkan, orang – orang tersebut  secara signifikan lebih kecil kemungkinannya  menderita depresi.
Perbaikan yang tepat kalimat (2) pada kutipan teks tersebut adalah ...
A.    Para semua peneliti menganalisis kesehatan mental dan pola makan 986  orang.
B.    Para semua  menganalisis kesehatan mental dan pola makan 986 orang.
C.   Para peneliti menganalisis kesehatan mental dan pola makan 986 orang.
D.   Semua menganalisis kesehatan mental dan pola makan 986 orang.

12.  Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Sesuai arahan Presiden Jokowi, Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan tempat evakuasi bagi masyarakat yang rentan terpapar kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan. (2)  Lokasi yang ditunjuk adalah Balai Serindit dan aula gedung Dinas Cipta Karya Provinsi Riau. (3) Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan penyiapan evakuasi sewaktu memimpin rapat terbatas evaluasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan. (4) Pemerintah juga bekerja sama dengan negara tetangga untuk menanggulangi kabut asap di Indonesia.
Ketidakpaduan kalimat pada teks tersebut adalah ....
A.    (1)                 C. (3)
B.    (2)                 D. (4)

13.  Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Film Hijrah cinta bercerita tentang almarhum ustad Jefri Al Buchori.(2)  Film  ini mampu memaksa sang istri, Pipik, mengeluarkan air mata. (3) Saat dia menyaksikan  film ini ketika diputar untuk kalangan terbatas pada 19 Juli lalu di Epicentrum Walk XXI, Jakarta. (4 )  Semua kenangan dan kisah cinta bersama almarhum suaminya, Ustad Jefri Al Buchori alias Uje, bagaikan terulang.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat (1) tersebut adalah….
A.    Film hijrah cinta bercerita tentang almarhum ustad Jefri Al Buchori.
B.    Film Hijrah cinta bercerita tentang almarhum Ustad Jefri Al Buchori.
C.   Film hijrah Cinta bercerita tentang almarhum Ustad Jefri Al Buchori.
D.   Film Hijrah Cinta bercerita tentang almarhum Ustad Jefri Al Buchori.

 14.                Bonus
15.  Bacalah teks berikut!
Pada umumnya, kita memang merasa malas untuk memulai berolahraga. Padahal, orang menghargai kita sebagai individu yang berkomitmen dalam menjaga kesehataan tubuh. Lagi pula, kalau kita sudah kelebihan berat badan, sebetulnya justru harus rajin berolahraga. Aktivitas fisik sekecil apa pun pasti akan membantu menurunkan berat badan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.  Oleh karena itu, marilah kita berolahraga secara teratur dan bijaklah dalam memilih waktunya
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. rasa malas memulai berolahraga
B. olahraga untuk menurunkan berat badan
C. komitmen dalam menjaga kesehatan tubuh
D. berolahraga secara teratur dan bijak memilih waktu

16.  Bacalah teks berikut!
Minum teh yang tidak sewajarnya memiliki pengaruh yang buruk  bagi kesehatan. Adanya kandungan cafein pada teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu,  cafein mempunyai efek ketergantungan dan hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak fit bila tidak mengkonsumsinya. Pada ibu menyusui, cafein berpengaruh terhadap kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI.  Sedangkan pada bayi,  zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang.

Kesimpulan teks tersebut adalah….
          A.    Ibu menyusui dilarang minum teh.
          B.    Teh mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.  
          C.   Kandungan pada teh sangat banyak dan berbahaya.
          D.   Kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi teh.

17.  Bacalah teks tanggapan kritis!
Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi posistif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
Kesimpulan pendapat pro dari teks di atasa adalah….
A.    Anak bermain game online secara berlebihan
B.    Berdasarkan penelitian dapat dipertanggungjawabkan bahwa bermain game online secara akademis sangat diperlukan asal tidak berlebihan
C.   Game online masih kurang diterima oleh masyarakat sekitar
D.   Game online berdampak negatif bagi anak dan remaja

18.  Bacalah teks tanggapan kritis berikut!
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut ini hal-hal yang dapat mempengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan.
Kesimpulan pendapat kontra dari teks di atas adalah….
A.  Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar
B.  Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi
C.  Game online tidak berpengaruh bagi anak
D.  Game online yang dimainkan secara berlebihan akan berdampak negatif terhadap anak dan remaja

19.  Bacalah teks tanggapan kritis berikut!
Pada dasarnya kebutuhan seseorang meliputi kebutuhan fisik, psikis, sosial, dan spiritual. Kebutuhan fisik mencakupi kebutuhan makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan lainnya. Kebutuhan psikis meliputi kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman, diterima, dan dihargai. Sementara itu, kebutuhan sosial seperti bermain dengan teman akan diperoleh anak dari kelompok diluar lingkungan keluarganya.
Ringkasan isi dari teks tanggapan kritis di atas adalah….
A.  kebutuhan seseorang meliputi kebutuhan fisik, psikis, sosial, dan spiritual
B.  kebutuhan hidup seseorang bergantung pada orang lain
C.  kebutuhan seseorang bergantung pada pikiran yang ada
D.  kebutuhan seseorang hanya bergantung pada kebutuhan fisik

20.   Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia!” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu.“Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia kejam!” kata pengemis tua itu. “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap diam tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan sedekah pada manusia melarat macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Maksud dari kata yang bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah ….
A.     rentenir
B.     hewan penghisap darah
C.     lintah yang hidup di darat
D.     manusia penghisap darah

21.   Bacalah kutipan tekscerpen berikut!
Sekarang anak itu sudah berumur enam tahun. Tahun depan ia mesti sudah memasuki sekolah. Ia harus betul-betul rajin bersekolah, pikir si Kakek, supaya kelak ia bisa menjadi seorang yang pandai. Ia pun harus pula rajin mengaji dan juga bekerja. Si Kakek ingin agar cucunya tidak seperti dia sendiri yang telah banyak yang menyia-menyiakan masa mudanya. Cucunya harus menjadi seorang yang dapat ia banggakan sebelum ia menutup matanya yang penghabisan. Ia telah gagal dengan anaknya sendiri, dan sekarang anaknya sudah tidak ada.
Maksud dari kata yang bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah ….
A.    menutup mata sementara                 C. mati suri
B.    meninggal dunia                                 D. tertidur
22.   Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
.... “Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang.
Isi tersirat pada kutipan teks tersebut adalah ...                            
A.     Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.     Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
C.     Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
D.     Perjuangan Oma dan Ika dalam menghadapi masalah.

23.   Bacalah kutipan teks berikut!
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Isitersirat pada kutipan teks tersebut adalah ...                            
A.     Semut meminta maaf kepada semua makhluk hidup yang ada di taman itu.
B.     Semut berjanji tidak akan menghina makhluk hidup yang ada di taman itu.
C.     Kebaikan kupu-kupu menolong semut meskipun pernah diejek.
D.     Kupu-kupu dipuji oleh semut karena sudah menolongnya.
24.   Bacalah kutipan tekscerpen berikut!
“Benar, semua itu nenek lakukan atas persetujuan seluruh keluarga. Hanya perasaan nenek tak bisa dibohongi. Nenek, sebagai seorang ibu, merasa lari dari tanggung jawab dan sangat rindu pada keluarga karena jauh dari mereka.” “Menurut aku, nenek seorang ibu yang bertanggung jawab.” “Itulah sebabnya nenek kurang setuju kau tulis riwayat nenek.”
Penyebab konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A.     Nenek pergi jauh demi tanggung jawabnya kepada keluarga.
B.     Nenek merasa bersalah karena telah meninggalkan keluarga.
C.     Aku, seorang cucu, yang sayang kepada neneknya.
D.     Aku gagal menulis riwayat hidup nenek tercinta.

25.   Bacalah kutipan teks fabel berikut!
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Penyebab konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ….
A.     Semut yang menyombongkan dirinya dan mengejek kepompong.
B.     Semut mengajak jalan-jalan kepompong untuk melihat dunia.
C.     Kepompong hanya bisa menggantung di ranting pohon.
D.     Kepompong hanya diam mendengar ejekan semut.
26.   Bacalah kutipan teks berikut!
(1)    Novel ini menceritakan kisah kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan.
(2)    Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
(3)    Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi itu.
(4)    Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis dan menjelajah Eropa hingga ke Afrika.
Urutan kalimat pada teks di atas yang tepat adalah….
A.     (2), (4), (1), (3)
B.     (2), (1), (4), (3)
C.     (1), (2), (4), (3)
D.     (1), (4), (3), (2)
27.   Bacalah kutipan teks berikut!
Di tengah perjalanan, terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan dua kubu yakni Baron, Aldi, Sindai yang ingin kembali ke Balikpapan dan tidak menyelesaikan kemah dan Rusdi serta Anton yang tetap … akan melanjutkan kemah. Akhirnya, mereka menuju ke jalannya sendiri.
            Namun naas, Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A.     Optimis         C. Serius
B.     Pesimis         D. Santai
28.   Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Film ini berawal dengan menjelang kepindahan Baron dari Jakarta. (2) Cerita berlanjut ketika Baron telah pindah di Balikpapan (saat ini plot film anak mulai terasa). (3) Saat pertama kali masuk sekolah, Baron telah bertemu Rusdi dan melihatnya dengan sinis dari awal sehingga kentara sekali bila Baron ada hubungannya dengan Rusdi. (4) … (5) Baron sebagai murid pindahan terlihat tidak mau membuka diri dengan sekitar dan mendapat ledekan dari teman sekelasnya. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A.     Baron dan Rusdi berkenalan dan menjadi teman akrab.
B.     Hal ini membuat kelanjutan cerita dapat ditebak.
C.     Keduanya saling acuh tak acuk saat bertemu.
D.     Rusdi tidak mau menyapa Baron.

29.   Bacalah teks ulasan berikut dengan cermat!
Kepindahan Baron bertepatan dengan kontingen penggalang SDnya yang akan mengikuti perkemahan di saat liburan sekolah. Karena Rusdi, Baron harus mengikuti perkemahan pramuka bersama dengan anggota lainnya meskipun Baron memiliki tujuan terselubung untuk mengikuti pameran mobil RC. Di perkemahan, mereka bertemu dengan Sindai yang bergabung dengan mereka saat mencari markas bintang.
Namun naas, Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton. Akhirnya mereka menyebut diri mereka ‘5 Elang’.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A.    Di tengah perjalanan, terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan dua kubu yakni Baron, Aldi, Sindai yang ingin kembali ke Balikpapan dan tidak menyelesaikan kemah dan Rusdi serta Anton yang tetap optimis akan melanjutkan kemah. Akhirnya, mereka menuju ke jalannya sendiri.
B.    Dalam film ini terdapat pula kelebihan serta kekurangan. Kelebihan tersebut seperti :
Pelajaran moral saat Baron berbaik hati menolong anak lain dengan mengambilkan balon yang tersangkut di antena di atas atap rumah yang bahkan sampai merelakan salah satu perangkat mobil RCnya.
C.   Saat peran Rusdi dan Baron sedang berjalan berdua, terlihat ketidak stabilan kamera yang menyebabkan kurang berkesinambungannya antara gerakan menit 14,36 dan 14,37 yang memiliki latar pintu. Ketidak stabilan kamera juga sering ditemui di sepanjang film.
D.   Pada saat scene regu Harimau yang menancapkan bendera di dalam lima bintang terlihat regu-regu yang lain bertepuk tangan menyambut kedatangan mereka. Lalu mereka sudah berkumpul di sana sedang regu Harimau baru datang mengapa mereka yang menang.

Bacalah teks eksposisi berikut dengan cermat, kerjakan untuk no 30 dan 31
     Maka dari itu, pendidikan karakter diusia remaja sangat diperlukan. Pendidikan karakter sebagai sebuah pedagogi menempatkan individu yang terlibat dalam dunia pendidikan sebagai pelaku utama dalam pengembangan karakter. Pelaku ini menjadi agen penafsir, penghayat sekaligus pelaksana nilai melalui kebebasan yang ia miliki sehingga peristiwa-peristiwa dalam dunia pendidikan baik dalam lingkup lokal,provinsional, maupun global, mesti diletakkan dalam kerangka pertumbuhan individu dalam konteks yang positif.
30.   Makna istilah “pedagogi” pada kutipan diatas adalah....
A.     pendidikan                                       
B.     perilaku                    
C.     watak                                   
D.     individu

31.   Pada teks diatas ditemukan kata menempatkan, kata berimbuhan ini dibentuk dari kata....
A.     me – kan+tempat                                        
B.     me+tempat+kan                              
C.     me+nempat+kan
D.     menempat+kan

Teks berikut untuk soal nomor 32 dan 33.
Merokok dikalangan pelajar sudah menjadi perilaku yang sangat memprihatinkan bagi Negara Indonesia (1). Hal ini disebabkan akibat dari pengaruh lingkungan sekitarnya, hampir sebagian perokok di Indonesia adalah kalangan pelajar, baik di tingkat SMP maupun SMA (2). Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu branjak SMA (3). Itu disebabkan karena faktor kebiasaan, karena jika pelajar sudah biasa dengan suatu aktifitas atau perbuatan yang di jalaninya sejak lama maka akan terbawa sampai mereka dewasa (4). Merokok dikalangan pelajar tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap pelajar tersebut dan lingkungan mereka (5).

32.   Perbaikan kata pada teks yang bercetak miring di atas adalah ….
A.    memperikhatinkan, beranjak, aktifitas
B.    memperihatinkan, beranjak, aktivitas
C.   Memperihatinkan, beranjak, aktivitas
D.   Memperihatikan, Beranjak, Aktivitas
33.  Pemakaian tanda baca yang benar pada kalimat no. 3 di atas adalah….
A.     Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP, atau waktu beranjak SMA.
B.     Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP, dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu beranjak SMA
C.     Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP dan, kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu beranjak SMA.
D.     Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu beranjak SMA

Perhatikan dua teks berikut!
Teks cerpen
Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka.Beliau bertahta di Prambanan.Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya.Meskipun demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging.Prabu Baka meninggal di medan perang. Kemenangan Raja Pengging itu disebabkan oleh bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal sebagai Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung.Dengan persetujuan Raja Pengging, Bandung Bondowoso menempati Istana Prambanan.Di sini dia terpesona oleh kecantikan Roro Jonggrang, putri bekas lawannya.
Teks fabel
Dahulu kala ada seekor anjing yang punya kebiasaan mendekati tumit orang. Tidak jarang pula anjing itu ‘nyokot’ tumit dari orang yang ditemuinya. Karena kebiasaan ‘nyleneh’ itu, majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika anjing ini akan mendekat.Si anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan sengaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu ‘muter-muter’ ke setiap penjuru.
34.  Dilihat dari segi penggunaan bahasa, perbedaan teks tersebut adalah ….
A.       teks 1 menggunakan bahasa formal, teks 2 disisipi bahasa Indonesia
B.       teks 1 menggunakan bahasa formal, teks 2 disisipi bahasa daerah
C.       teks 1 menggunakan bahasa lama, teks 2 disisipi bahasa Indonesia
D.       teks 1 menggunakan bahasa lama, teks 2 disisipi bahasa daerah
         Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon.
Teks 2
Ia lelaki tua pembuat kubah yang bekerja setelah fajar dan berhenti saat pudar matahari. Tujuh hari sepekan, tiga puluh hari sebulan, diselingi kegiatan lain yang tak dapat diabaikan: makan, tidur, ke masjid tiap Jumat, bersapaan dengan tetangga atau kenalan yang seketika lewat.

35.  Dilihat dari pola penyajian, perbedaan kedua teks tersebut adalah ….
A.    Teks 1 disusun berdasar urutan suasana, teks 2 disusun berdasar urutan tempat
B.    Teks 1 disusun berdasar urutan waktu, teks 2 disusun berdasar urutan tempat
C.   Teks 1 disusun berdasar urutan tempat, teks 2 disusun berdasar urutan suasana
D.   Teks 1 disusun berdasar urutan tempat, teks 2 disusun berdasar urutan waktu

Bacalah teks cerpen berikut dengan cermat! Untuk soal nomor 36-37
Pada suatu malam yang sepi, di suatu masa, seorang petualang terjerembab di sebuah gedung kayu yang sunyi, seperti seekor kelelawar yang patah sayapnya. Hanya ada bekas-bekas kehidupan di situ. Di luar, suara binatang malam sesekali terdengar bagaikan sebuah simfoni. Ia terbaring sendirian. Letih, usai bertahun-tahun bertarung melawan dirinya sendiri. Bajunya tampak lusuh, begitu pun dengan celana jins-nya. Tampaknya sudah lama tak tersentuh air. Asap rokok melayang-layang dari sela-sela jemarinya yang kurus. Lirih terdengar sebuah lagu di kejauhan. Where do I begin to tell the story of how great the love can be… Suara Nana Mouskouri yang sendu.
36.   Keunggulan teks cerpen tersebut adalah ….
A.    menggambarkan suasana zaman peperangan di negara itu.
B.    pengarang menitikberatkan gambaran dan bahasa sastra baru.
C.   pembaca mudah untuk memahami bacaan yang tinggi kebahasaannya.
D.   kebahasaan yang sangat dijiwai pengarang membuat para pembaca kagum.

37.   Kelemahan teks cerpen tersebut adalah ….
          A.    menggambarkan abad dua puluhan yang kemungkinan besar banyak pembaca 
               sulit membayangkan masa itu.
         B.    menggambarkan kisah masa kini yang kemungkinan besar banyak pembaca tidak 
              tertarik dan dapat menebak isi ceritanya.
         C.   menggambarkan cerita dapat berakhir dengan hal apapun, tak harus sedih atau pun 
              senang.
         D.   pengarang lebih menekankan inti cerita pada arti cinta dan kesunyian.

Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat, kerjakan nomor 38 dan 39!


Perhatikan teks cerpen berikut ini!
Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya oleh istrinya, ia tidak mau nenjawab. Istrinya makin ketakutan. Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak Salim berkata, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan Tidak adil mengapa orang lain senang dan bahagia, saya tidak”. Jangan begitu pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain . Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri, “Jawab istrinya.

Perhatikan Teks Fabel berikut ini!
            Dahulu kala ada seekor anjing yang punya kebiaasaan mendekati tumit orang. Tidak jarang pula anjing itu menggigit tumit orang yang ditemuinya. Karena kebiasaan itu majikannya memasangkan kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika anjing itu akan mendekat. Si anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan sengaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Pada akhirnya anjing tesebut menyadari kesalahannya karena kedatangan anjing tua yang memberitahukannya bahwa lonceng yang selama ini dia banggakan, tidak seperti perkiraannya. Lonceng tersebut adalah penanda keberadaannya, supaya orang yang mendengar menjauh darinya karena ia mempunyai kebiasaan yang buruk.



38.   Pola pengembangan teks cerita fabel tersebut adalah....


A.     dikembangkan dari hal yang kecil ke yang lebih luas.
B.     dikembangkan dari hal yang luas ke hal yang lebih sempit.
C.     dikembangkan dari hal yang umum ke hall yang khusus.
D.     dikembangkan dari hal yang konkrit ke hal yang lebih spesifik.


39.   Penggunaan bahasa yang diri penggalan dua teks di atas adalah....    
Teks cerpen
Teks fabel
  1. Menggunakan konjungsi, transisi,kata ganti,kata depan
Terdapat konjungsi,transisi,kata ganti, modalitas,kata depan
  1. Terdapat konjungsi,transisi,kata ganti, modalitas
Menggunakan konjungsi, transisi,kata ganti
  1. Menggunakan konjungsi, transisi,kata ganti
Menggunakan konjungsi, kata hubung,kata ganti
  1. Menggunakan konjungsi, transis,kata ganti
Menggunakan konjungsi,kata hubung transisi,kata ganti

Teks berikut untuk soal nomor 40-41
Teks 1
Setiap senja, Ning, di taman dekat sekolah, selalu ada seorang perempuan yang duduk di sudut taman. Ketika langit mulai berwarna jingga, ia hadir di taman itu dan selalu menunggu kedatangan dua ekor kupu-kupu cantik. Ya, keduanya cantik. Yang seekor bersayap hijau dengan serat-serat kecokelatan pada garis guratannya. Kira-kira seperti daging buah avokad yang matang.
Teks 2
Dikisahkan pada suatu malam yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. 
Ia sangat bahagia karena bisa melihat bintang yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menikmati kesunyian malam. Dia juga sambil mendengarkan lolongan anjing.

40.   Isi cerita kedua teks di atas adalah….
A.    Menunggu kedatangan seekor kupu-kupu dan bahagia menikmati keindahan malam.
B.    bahagia menikmati keindahan malam dan menunggu kedatangan seekor kupu-kupu
C.   Menunggu kedatangan seekor kura-kura dan bahagia menikmati keindahan alam
D.   Menunggu datangnya keindahan malam dan bahagia menikmati keindahan malam.

41.   Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah….

Teks 1
Teks 2
A.
Urutan waktu
Urutan tempat
B.
Urutan ruang
Urutan waktu
C.
Urutan tempat
Urutan waktu
D.
Urutan ruang
Urutan tempat


Teks 1
“Kamu…ngapain manggil-manggil aku. Aku aja enggak kenal kamu, udah gitu manggilnya enggak pake mbak lagi. Dasar enggak sopan!” kataku.
Teks 2
Terimakasih Landa, kami minta maaf atas sikap kami selama ini,’’ kata monyet sambil tersenyum tulus. Akhirnya, Landa tidak lagi kesepian. Kini, dia mempunyai banyak teman yang membuat hidupnya lebih bahagia.

42.   Perbedaan  penyajian bahasa dari kedua teks tersebut adalah….

Teks 1
Teks 2
A.
Ragam resmi
Ragam santai
B.
Ragam budaya
Ragam formal
C.
Ragam resmi
Ragam melayu
D.
Ragam bebas
Ragam resmi

43.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Sampah merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak terpakai.Sampah merupakan barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan.Sampah pada prinsipnya dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup seperti plastik, kaca.
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika teks tersebut diubah menjadi teks eksposisi, bentuk teks yang tepat adalah ….
A.    .
Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling), sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Persoalannya adalah sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya teknologi pengolahan sampah. Sekarang bergantung pada masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai bahan yang kotor, berbau, menjijikkan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang bermanfaat bagi kehidupan.
B.    .
Sampah merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak terpakai.Sampah pada prinsipnya dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup seperti plastik, kaca.
Sampah anorganik membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

C.   .
Sampah bertebaran hampir di semua tempat.Keberadaan sampah ibarat ada manusia pasti ada sampah.Sampah merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak terpakai.Sampah pada prinsipnya dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup seperti plastik, kaca.
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
D.   .
Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut.
Pertama, sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Selanjutnya, industri pengolah sampah dapat memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk organik dan energi/industri bahan bangunan.
Kedua, teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik.Di samping itu, teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
Ketiga, masyarakat bisa memanfaatkan teknologi penimbunan tanah (land fill) untuk menimbun tanah rendah.Masyarakat bisa juga memanfaatkan teknologi daur ulang (recycling) untuk mengolah sampah menjadi barang jadi seperti kardus dan kaca.
Dengan demikian, sampah dapat bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.Nilai ekonomi itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang memanfaatkan sampah.

44.  Perhatikan konteks berikut!
Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya dengan kehidupan biota laut. Indonesia memiliki banyak taman laut yang bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Daerah Papua yang masih perawan memiliki biota laut yang sangat khas, begitu juga beberapa perairan di Maluku. Kita bangga memiliki taman laut yang indah dan terkenal itu. Daerah wisata itu akan terganggu ekosistemnya jika kita tidak menjaganya. Untuk itu, pemerintah harus mempunyai aturan agar biota laut Indonesia dapat hidup aman dan bermanfaat bagi kita.

Jika konteks tersebut ditulis ke dalam bentuk teks observasi, bentuk yang tepat adalah ….
A.    
Indonesia memiliki taman laut yang sangat indah. Taman laut yang dimiliki Indonesia berada hampir di seluruh laut di Indonesia.
Keindahan taman laut di Indonesia bis terjaga karena Indonesia melakukan konservasi dan pelestarian yang sangat baik. Masyarakat dilarang untuk mengambil kekayaan alam laut secara membabi buta. Masyarakat dilarang merusak terumbu karang, menangkap ikan dengan pukat harimau, dan memakai bom buatan.
Pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat adakan diberi sanksi tegas bahakan hukuman penjara. Oleh karena itu, kelestarian biota bawah laut tetap terjaga.  
B.    
Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah.Biota laut itu di antaranya adalah terumbu karang.
Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, 
terumbu karang atau biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan 
pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi 
Tenggara, dan Bunaken di Menado.
     C.   
Indonesia sangat kaya dengan kehidupan biota laut. Indonesia memiliki banyak 
taman laut yang bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. 
Daerah Papua yang masih perawan memiliki biota laut yang sangat khas, begitu 
juga beberapa perairan di Maluku. Kita bangga memiliki taman laut yang indah dan 
terkenal itu.
Daerah wisata itu akan terganggu ekosistemnya jika kita tidak menjaganya. Untuk 
itu, pemerintah harus mempunyai aturan agar biota laut Indonesia dapat hidup 
aman dan bermanfaat bagi kita. Pemerintah membuat program pelestarian bagi 
terumbu karang, ikan, dan habitat hidup biota laut.
Tempat-tempat yang menjadi program pelestarian tersebut seperti Raja Ampat di 
Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado.
      D.   
Terumbu karang berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, terumbu 
karang atau biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, 
seperti Raja Ampat di Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan 
Bunaken di Menado.
Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
Terumbu karang mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan warna yang berbeda pula.Terumbu karang dapat hidup dengan lestari jika pemerintah dan masyarakat ikut andil dalam pelestarian biota laut di Indonesia.

45.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, wacana ini kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun. Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri bagi menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti yang selama ini dilakukan. Sistim carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 turun lagi ke angka Rp180 miliar.  
Penggunaan kata yang tercetak miring pada teks di atas kurang tepat. Perbaikan yang tepat adalah ….
A.    karena, Sistem, sama
B.    untuk, Sistem, naik
C.   daripada, Sistem, naik
D.   oleh, Sistem, sama

46.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Dan banyak hal-hal yang berdampak baik dari game onlineini. Berikut ini hal-hal yang dapat memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
Kalimat yang bergaris bawah pada teks tersebut kurang tepat. Perbaikan yang tepat adalah ….
A.    Oleh sebab itu, banyak hal yang berdampak baik dari game online ini.
B.    Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak baik dari game online ini. 
C.   Oleh sebab itu, banyak hal yang berdampak kurang baik dari game online ini
D.   Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game onlineini

47.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkuat pendidikan vocasi di jenjang menengah dengan terus menambah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Perbaikan kata yang bercetak miring tersebut adalah ….
A.    vokasion
B.    vokasi
C.   vacationing
D.   vocasi

48.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Sebagai sosok yang bertanggung jawab untuk mengantarkan anak-anak menuju masa depannya, orang tua memiliki tanggung jawab dan pilihan untuk memberikan yang terbaik bagi para anak-anak.
Penggunaan kata yang salah dalam kalimat tersebut terletak pada kata ….
          A.    bertanggung jawab seharusnya bertanggungjawab
          B.    mengantarkan seharusnya menghantarkan
          C.   orang tua seharusnya ayah/ibu
          D.   Para anak-anak seharusnya anak-anak

49.  Perhatikan teks berikut!
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa perbandingan SMA dan SMK saat ini masih 51berbanding 49.
Letak kesalahan dalam kalimat tersebut adalah ….
          A.    kata SMA dan SMK sebaiknya ditulis SMA/SMK
          B.    kurang kata persen setelah 51 dan 49
          C.   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebaiknya ditulis Mentri pendidikan dan     
              kebudayaan
         D.   kata mengatakan seharusnya diganti dikatakan

50.  Perhatikan teks berikut!
(1) Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama, pendidikan sekolah formal tidak hanya dan tidak harus dilakukan oleh orang tua. (2) Dalam homeschooling, selain mengajar sendiri, orang tua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, melibatkan anak pada proses magang (internship), dan sebagainya. (3) Sesuai dengan namanya, proses sekolah rumah memang berpusat di rumah. (4) Meskipun demikian, proses sekolah rumah umumnya tidak hanya mengambil lokasi di rumah, tetapi juga dapat menggunakan lokasi di tempat lain, sarana apa saja, dan di mana saja.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut terletak pada kalimat ….
          A.    1
          B.    2
          C.   3
          D.   4


0 Response to "SOAL DAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Iklan Tengah Artikel 1

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel