SOAL DAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL SMP
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXyEO8HVqVLLq88u5YjEvGsYPYq5-crI9pVJ_5317ShQqQqtTrjpcIX4PZOTC7jZ5UiibdyQS5seyjRhcEur4Q6Uw5EpwFV2G3oCJBB_COm1Q2a3i_WVw195-foIVAQn0fcIPNjnWoW-Ce/s400/TUC.jpg)
![]() |
A. Taman Mini Indonesia Indah menggambarkan
keragaman Indonesia
B. Taman Mini Indonesia Indah merupakan replika
budaya Indonesia
C. Isi Taman Mini Indonesia Indah menampilkan miniatur
Indonesia
D. Isi taman ini adalah 26 replika rumah
adat tradisional Indonesia
2. Bacalah
kutipan teks berikut dengan cermat!
![]() |
Berdasarkan
kutipan teks hasil observasi tersebut, kalimat yang menggunakan konjungsi perlawanan adalah
A. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada
di sekitar manusia yang berhubungan
timbal balik
B. Lingkungan hidup yang terpelihara
dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir batin tetapi jika
terabaikan akan mendatangkan bencana.
C. Benda hidup atau
benda mati perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan tumbuhan
D. Benda hidup perlu makanan dan
berkembang biak seperti manusia, binatang dan
tumbuhan
3. Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat
Terumbu
karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari
dan hidup di perairan yang berada
kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air
jernih Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya yang
tidak terkena polusi. Di samping
terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi
ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut
Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna,
tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.
|
Informasi tersurat pada kutipan teks hasil observasi diatas adalah..
A. Jenis terumbu karang di Taman
Nasional Bunaken.
B.
Terumbu karang di Taman Bunaken banyak yang rusak
C. Manfaat
terumbu karang di Taman Mini Indonesia.
D.
Taman Laut Bunaken tidak tersinari cahaya.
4.
Bacalah
penggalan teks hasil observasi berikut! DUK (Deduktif Umum Khusus)
Reptil adalah
salah satu kelompok hewan verteberata dengan sejarah terpanjang. Sejak pertama kali muncul lebih dari
300 juta tahun yang lalu, reptil diyakini diturunkan dari amfibi. Selama
evolusi, mereka telah menghasilkan banyak keturunan yang unik, yang paling
terkenal adalah Dinosaurus.
Pernyataan dalam paragraf teks hasil observasi tersebut menunjukan bagian definisi...
A.
Umum
B. Khusus
C. Bagian
D.
Manfaat
5.
Bacalah
penggalan teks cerita fabel berikut!
“ aku mau membantumu”,
Jiji menawarkan diri “Kau bisa menggunakan aku sebagai tangga.”
“terima kasih teman.’
Dengan gembira Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian ia memegang
kaleng cat dengan mulutnya. Dia merasa nyaman menempel di leher sang Jerapah.
Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang sulit. Si tikus mengecat
langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak Beruang sang pemilik rumah
sangat suka.
Pesan tersurat pada
petikan teks cerita fabel tersebut adalah...
A. Kita harus naik jerapah apabila ingin
menjangkau atap rumah.
B. Tikus sangat baik hati, karena
membantu jerapah.
C.
Sifat jerapah yang suka menolong perlu kita contoh.
D. Pak Beruang membantu tikus mengecat
rumahnya.
6.
Bacalah
penggalan teks cerita fabel berikut!
Sang semut selalu membanggakan dirinya
yang selalu bisa pergi ke tempat yang ia suka. Bahkan , sang
semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa
dirinya binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekannya. Makna kata yang bercetak miring pada penggalan teks
cerita fabel tersebut adalah...
A. Suka berdiri, cemooh.
B. Senang, benci
C. Besar
hati, hinaan
D. Sombong, hinaan
7.
Bacalah
kutipanteks fabel berikut dengan
saksama!
![]() |
Kutipan paragraf
tesebut termasuk struktur teks bagian ... .
A.
Orientasi C. Koda
B.
Resolusi D. Komplikasi
8.
Bacalah kutipan biografi berikut!
Ir.
Joko Widodo yang lebih popular dengan nama Jokowi lahir di Solo, 21 Juni 1961.
Beliau merupakan pengusaha mebel, serta Wali Kota Solo terpilih selama dua
periode. Selama kepemimpinannya , Solo mengalami banyak kemajuan.
Hal
tersebut dikarenakan Jokowi melakukan ... langsung dan jelas dengan masyarakat
Solo. Salah satu cara bentuk komunikasi adalah melalui saluran televisi lokal.
Langkah
besar yang dilakukan adalah menolak investor yang tidak memperhatikan
kepentingan publik.
Kata
yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah...
A.
Komunikasi
B.
hubungan
C.
publik
D.
masyarakat
9.
Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat, kerjakan untuk nomor 5
dan 6!
Abration
Terumbu karang, ikan dan tumbuhan laut tersebut sangat berma
bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi
kesehatan karena banyak mengandung gizi.Terumbu karang itu juga berguna
bagi ekologi dan ekonomi. Di samping
itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti
Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di
Menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau
yang telah menahan abrazi dari besarnya hantaman
gelombang dan ombak laut.
A.
Gisi, ekonomi, bako, abrasi
B.
Gizi, ekonomi, bakau, abrazi
C.
Gizi, ekonomi, bakau, abrasi
D.
Gisi, ekonomi, bakau, abrasi
10. Bacalah teks laporan berikut!
Setiap peserta didik, khususnya di
Sekolah Menengah Pertama mempunyai karakteristik tersendiri. Secara umum
peserta didik SMP mempunyai persamaan, tetapi mereka juga memiliki perbedaan.
Perbedaan tersebut bisa menyangkut kafasitas
keterampilan, intelektualitas, motivasi, dan latar belakang keluarga.
Perbedaan ini perlu disikapi guru untuk memilih strategis dan bahan pembelajaran yang bervariasi.
Kata yang tepat untuk mengganti kata
yang tercetak miring adalah ....
A. kapasitas, intelektuil, strategis
B. kafasitas, intektual, strategik
C. kapasitas, intelektual, strategi Ahad, ahat , dzuhur atau zuhur , salat
atau sholat
D.
kapasitas, intelektualitas,
stategik
11. Bacalah teks berikut!
(1 Perbaikan
kalimat kedua () Sebuah studi baru di Jepang menyatakan, dengan memakan tomat
hanya dua hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko depresi hingga
setengahnya. (2) Para peneliti semua menganalisis kesehatan mental dan
polamakandari 986
orang.(3) Mereka mencatat sebanyak 70
orang partisipan rutin makan buah tomat. (4) Dari penelitian itu dapat
disimpulkan, orang – orang tersebut
secara signifikan lebih kecil kemungkinannya menderita depresi.
|
Perbaikan yang tepat kalimat (2) pada
kutipan teks tersebut adalah ...
A. Para semua peneliti menganalisis
kesehatan mental dan pola makan 986 orang.
B. Para semua menganalisis kesehatan mental dan pola makan
986 orang.
C. Para peneliti menganalisis
kesehatan mental dan pola makan 986 orang.
D. Semua menganalisis kesehatan mental
dan pola makan 986 orang.
12. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Sesuai
arahan Presiden Jokowi, Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan tempat evakuasi
bagi masyarakat yang rentan
terpapar kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan. (2) Lokasi yang ditunjuk adalah Balai Serindit
dan aula gedung Dinas Cipta Karya Provinsi Riau. (3) Sebelumnya, Presiden
Jokowi sudah menginstruksikan penyiapan evakuasi sewaktu memimpin rapat
terbatas evaluasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan. (4) Pemerintah
juga bekerja sama dengan negara tetangga untuk menanggulangi kabut asap di
Indonesia.
|
Ketidakpaduan
kalimat pada teks tersebut adalah ....
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
13. Bacalah
kutipan teks berikut!
(1) Film
Hijrah cinta bercerita tentang almarhum ustad Jefri Al Buchori.(2) Film
ini mampu memaksa sang istri, Pipik, mengeluarkan air mata. (3) Saat
dia menyaksikan film ini ketika
diputar untuk kalangan terbatas pada 19 Juli lalu di Epicentrum Walk XXI,
Jakarta. (4 ) Semua kenangan dan kisah
cinta bersama almarhum suaminya, Ustad Jefri Al Buchori alias Uje, bagaikan
terulang.
|
Perbaikan penggunaan huruf kapital
pada kalimat (1) tersebut adalah….
A. Film hijrah cinta bercerita tentang
almarhum ustad Jefri Al Buchori.
B. Film Hijrah cinta bercerita tentang
almarhum Ustad Jefri Al Buchori.
C. Film hijrah Cinta bercerita tentang
almarhum Ustad Jefri Al Buchori.
D. Film Hijrah Cinta bercerita
tentang almarhum Ustad Jefri Al Buchori.
14. Bonus
15. Bacalah teks berikut!
Pada umumnya, kita memang merasa malas untuk memulai berolahraga.
Padahal, orang menghargai kita sebagai individu yang berkomitmen dalam
menjaga kesehataan tubuh. Lagi pula, kalau kita sudah kelebihan berat badan,
sebetulnya justru harus rajin berolahraga. Aktivitas fisik sekecil apa pun
pasti akan membantu menurunkan berat badan. Tidak ada alasan untuk tidak
berolahraga. Oleh karena itu, marilah
kita berolahraga secara teratur dan bijaklah dalam memilih waktunya
|
Ide pokok
paragraf tersebut adalah….
A. rasa malas
memulai berolahraga
B. olahraga
untuk menurunkan berat badan
C. komitmen dalam
menjaga kesehatan tubuh
D. berolahraga
secara teratur dan bijak memilih waktu
16. Bacalah teks berikut!
Minum teh yang
tidak sewajarnya memiliki pengaruh yang buruk
bagi kesehatan. Adanya kandungan cafein pada teh dapat menyebabkan
proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu, cafein mempunyai efek ketergantungan dan
hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak fit bila tidak
mengkonsumsinya. Pada ibu menyusui, cafein berpengaruh terhadap kelenjar ASI
sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Sedangkan pada bayi, zat ini dapat mengakibatkan usus bayi
menjadi kejang.
|
Kesimpulan teks tersebut adalah….
A.
Ibu menyusui dilarang minum teh.
B.
Teh
mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.
C.
Kandungan
pada teh sangat banyak dan berbahaya.
D. Kita tidak boleh berlebihan dalam
mengonsumsi teh.
17. Bacalah
teks tanggapan kritis!
Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui
penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat
diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi posistif yang diperoleh anak jika
mereka bermain game online tidak
secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan
remaja kita.
Kesimpulan pendapat pro dari teks di atasa adalah….
A. Anak bermain game online secara berlebihan
B. Berdasarkan penelitian dapat
dipertanggungjawabkan bahwa bermain game
online secara akademis sangat diperlukan asal tidak berlebihan
C. Game
online masih kurang
diterima oleh masyarakat sekitar
D. Game
online berdampak
negatif bagi anak dan remaja
18. Bacalah
teks tanggapan kritis berikut!
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan
remaja terutama di kota-kota besar. Game
online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal
yang berdampak kurang baik dari game
online ini. Berikut ini hal-hal yang dapat mempengaruhi anak dan lingkungan
jika anak atau remaja bermain game online
secara berlebihan. Tidak sedikit game
online yang beredar mengusung tema kekerasan.
Kesimpulan pendapat kontra dari teks di atas adalah….
A. Game
online banyak
dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar
B. Game
online dapat memenuhi
hasrat dan hobi
C. Game
online tidak
berpengaruh bagi anak
D. Game online yang dimainkan secara berlebihan akan berdampak negatif terhadap
anak dan remaja
19. Bacalah
teks tanggapan kritis berikut!
Pada dasarnya kebutuhan seseorang meliputi kebutuhan
fisik, psikis, sosial, dan spiritual. Kebutuhan fisik mencakupi kebutuhan
makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan lainnya. Kebutuhan psikis meliputi
kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman, diterima, dan dihargai. Sementara itu,
kebutuhan sosial seperti bermain dengan teman akan diperoleh anak dari kelompok
diluar lingkungan keluarganya.
Ringkasan isi dari teks tanggapan kritis di atas adalah….
A. kebutuhan seseorang meliputi
kebutuhan fisik, psikis, sosial, dan spiritual
B. kebutuhan hidup seseorang bergantung
pada orang lain
C. kebutuhan seseorang bergantung pada
pikiran yang ada
D. kebutuhan seseorang hanya bergantung
pada kebutuhan fisik
20.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut!
“Apa?!
Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia!” teriak Nyi Endit. Tapi
ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan
itu.“Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia kejam!” kata pengemis tua itu. “Mau
apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit
membentak.
Namun pengemis itu tetap diam tak
beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan sedekah pada
manusia melarat macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega
berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat karena darahnya
setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah
darat terlaknat!”
Maksud dari kata yang bercetak miring
pada kutipan teks di atas adalah ….
A. rentenir
B. hewan penghisap darah
C. lintah yang hidup di darat
D. manusia penghisap darah
21. Bacalah kutipan tekscerpen berikut!
Sekarang anak itu sudah berumur enam tahun. Tahun depan ia mesti sudah
memasuki sekolah. Ia harus betul-betul rajin bersekolah, pikir si Kakek, supaya
kelak ia bisa menjadi seorang yang pandai. Ia pun harus pula rajin mengaji dan
juga bekerja. Si Kakek ingin agar cucunya tidak seperti dia sendiri yang telah
banyak yang menyia-menyiakan masa mudanya. Cucunya harus menjadi seorang yang
dapat ia banggakan sebelum ia menutup matanya yang penghabisan. Ia telah
gagal dengan anaknya sendiri, dan sekarang anaknya sudah tidak ada.
Maksud dari kata yang bercetak miring
pada kutipan teks di atas adalah ….
A.
menutup mata sementara C. mati suri
B.
meninggal dunia D. tertidur
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
.... “Ika, mari kita sama-sama
berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk
menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu mau bicara
dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah
hilang.
Isi tersirat pada kutipan teks
tersebut adalah ...
A. Kita harus bermusyawarah untuk
mufakat.
B. Dalam hidup ini kita harus memiliki
tujuan.
C. Setiap permasalahan yang terjadi
selalu ada solusinya.
D. Perjuangan Oma dan Ika dalam
menghadapi masalah.
23. Bacalah kutipan teks berikut!
Mendengar
pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah
kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah
menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia
tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Isitersirat pada kutipan teks tersebut
adalah ...
A. Semut meminta maaf kepada semua
makhluk hidup yang ada di taman itu.
B. Semut berjanji tidak akan menghina
makhluk hidup yang ada di taman itu.
C. Kebaikan kupu-kupu menolong
semut meskipun pernah diejek.
D. Kupu-kupu dipuji oleh semut karena
sudah menolongnya.
24. Bacalah kutipan tekscerpen berikut!
“Benar, semua itu nenek lakukan atas
persetujuan seluruh keluarga. Hanya perasaan nenek tak bisa dibohongi. Nenek,
sebagai seorang ibu, merasa lari dari tanggung jawab dan sangat rindu pada
keluarga karena jauh dari mereka.” “Menurut aku, nenek seorang ibu yang
bertanggung jawab.” “Itulah sebabnya nenek kurang setuju kau tulis riwayat
nenek.”
Penyebab konflik dalam kutipan cerita
tersebut adalah ....
A. Nenek pergi jauh demi tanggung
jawabnya kepada keluarga.
B. Nenek merasa bersalah karena
telah meninggalkan keluarga.
C. Aku, seorang cucu, yang sayang kepada
neneknya.
D. Aku gagal menulis riwayat hidup nenek
tercinta.
25.
Bacalah
kutipan teks fabel berikut!
“Hei, kepompong alangkah jelek
nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat
dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya
yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban
yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang
yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Penyebab konflik dalam kutipan cerita
tersebut adalah ….
A. Semut yang menyombongkan
dirinya dan mengejek kepompong.
B. Semut mengajak jalan-jalan kepompong
untuk melihat dunia.
C. Kepompong hanya bisa menggantung di
ranting pohon.
D. Kepompong hanya diam mendengar ejekan
semut.
26. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Novel ini menceritakan kisah
kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan.
(2) Sang Pemimpi adalah novel kedua dari
tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
(3) Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para
pemimpi-pemimpi itu.
(4) Ada tiga remaja SMA yang bermimpi
untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis dan menjelajah Eropa hingga ke
Afrika.
Urutan kalimat pada teks di atas yang
tepat adalah….
A. (2), (4), (1), (3)
B. (2), (1), (4), (3)
C. (1), (2), (4), (3)
D. (1), (4), (3), (2)
27. Bacalah kutipan teks berikut!
Di tengah
perjalanan, terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan dua kubu yakni Baron,
Aldi, Sindai yang ingin kembali ke Balikpapan dan tidak menyelesaikan kemah dan
Rusdi serta Anton yang tetap … akan melanjutkan kemah. Akhirnya, mereka menuju
ke jalannya sendiri.
Namun naas, Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton.
Namun naas, Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton.
Kata yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A. Optimis C.
Serius
B. Pesimis D. Santai
28. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Film ini berawal dengan menjelang
kepindahan Baron dari Jakarta. (2) Cerita berlanjut ketika Baron telah pindah
di Balikpapan (saat ini plot film anak mulai terasa). (3) Saat pertama kali
masuk sekolah, Baron telah bertemu Rusdi dan melihatnya dengan sinis dari awal
sehingga kentara sekali bila Baron ada hubungannya dengan Rusdi. (4) … (5)
Baron sebagai murid pindahan terlihat tidak mau membuka diri dengan sekitar dan
mendapat ledekan dari teman sekelasnya. Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A. Baron dan Rusdi berkenalan dan menjadi
teman akrab.
B. Hal ini membuat kelanjutan
cerita dapat ditebak.
C. Keduanya saling acuh tak acuk saat
bertemu.
D. Rusdi tidak mau menyapa Baron.
29. Bacalah teks ulasan berikut dengan
cermat!
Kepindahan
Baron bertepatan dengan kontingen penggalang SDnya yang akan mengikuti
perkemahan di saat liburan sekolah. Karena Rusdi, Baron harus mengikuti
perkemahan pramuka bersama dengan anggota lainnya meskipun Baron memiliki
tujuan terselubung untuk mengikuti pameran mobil RC. Di perkemahan, mereka
bertemu dengan Sindai yang bergabung dengan mereka saat mencari markas bintang.
…
Namun naas,
Rusdi dan Anton tertangkap oleh penculik. Sedang Baron akhirnya memutuskan
untuk kembali melanjutkan kemah, Aldi dan Sindai pun mengikutinya. Klimaks
terjadi saat Baron, Aldi dan Sindai berusaha menyelamatkan Rusdi dan Anton. Akhirnya
mereka menyebut diri mereka ‘5 Elang’.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A. Di tengah perjalanan,
terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan dua kubu yakni Baron, Aldi, Sindai
yang ingin kembali ke Balikpapan dan tidak menyelesaikan kemah dan Rusdi serta
Anton yang tetap optimis akan melanjutkan kemah. Akhirnya, mereka menuju ke
jalannya sendiri.
B. Dalam film ini
terdapat pula kelebihan serta kekurangan. Kelebihan tersebut seperti :
Pelajaran moral saat Baron berbaik hati menolong anak lain dengan mengambilkan balon yang tersangkut di antena di atas atap rumah yang bahkan sampai merelakan salah satu perangkat mobil RCnya.
Pelajaran moral saat Baron berbaik hati menolong anak lain dengan mengambilkan balon yang tersangkut di antena di atas atap rumah yang bahkan sampai merelakan salah satu perangkat mobil RCnya.
C. Saat peran
Rusdi dan Baron sedang berjalan berdua, terlihat ketidak stabilan kamera yang
menyebabkan kurang berkesinambungannya antara gerakan menit 14,36 dan 14,37
yang memiliki latar pintu. Ketidak stabilan kamera juga sering ditemui di
sepanjang film.
D. Pada saat
scene regu Harimau yang menancapkan bendera di dalam lima bintang terlihat
regu-regu yang lain bertepuk tangan menyambut kedatangan mereka. Lalu mereka
sudah berkumpul di sana sedang regu Harimau baru datang mengapa mereka yang
menang.
Bacalah teks eksposisi
berikut dengan cermat, kerjakan untuk no 30 dan 31
Maka dari itu, pendidikan karakter diusia
remaja sangat diperlukan. Pendidikan karakter sebagai sebuah pedagogi
menempatkan individu yang terlibat dalam dunia pendidikan sebagai pelaku utama
dalam pengembangan karakter. Pelaku ini menjadi agen penafsir, penghayat
sekaligus pelaksana nilai melalui kebebasan yang ia miliki sehingga
peristiwa-peristiwa dalam dunia pendidikan baik dalam lingkup
lokal,provinsional, maupun global, mesti diletakkan dalam kerangka pertumbuhan
individu dalam konteks yang positif.
30. Makna istilah “pedagogi” pada kutipan
diatas adalah....
A. pendidikan
B. perilaku
C. watak
D. individu
31. Pada teks diatas ditemukan kata menempatkan,
kata berimbuhan ini dibentuk dari kata....
A. me – kan+tempat
B. me+tempat+kan
C. me+nempat+kan
D. menempat+kan
Teks berikut
untuk soal nomor 32 dan 33.
Merokok dikalangan pelajar sudah menjadi
perilaku yang sangat memprihatinkan bagi
Negara Indonesia (1). Hal ini disebabkan akibat dari pengaruh lingkungan
sekitarnya, hampir sebagian perokok di Indonesia adalah kalangan pelajar, baik
di tingkat SMP maupun SMA (2). Pelajar yang merokok biasanya sejak SMP dan
kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu
branjak SMA (3). Itu disebabkan karena faktor kebiasaan, karena jika
pelajar sudah biasa dengan suatu aktifitas
atau perbuatan yang di jalaninya sejak lama maka akan terbawa sampai mereka
dewasa (4). Merokok dikalangan pelajar tentu membawa dampak dan pengaruh
terhadap pelajar tersebut dan lingkungan mereka (5).
32.
Perbaikan kata
pada teks yang bercetak miring di atas adalah ….
A.
memperikhatinkan, beranjak, aktifitas
B.
memperihatinkan,
beranjak, aktivitas
C.
Memperihatinkan,
beranjak, aktivitas
D.
Memperihatikan,
Beranjak, Aktivitas
33. Pemakaian tanda baca yang benar pada
kalimat no. 3 di atas adalah….
A.
Pelajar yang merokok
biasanya sejak SMP dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP, atau waktu beranjak SMA.
B.
Pelajar yang
merokok biasanya sejak SMP, dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu beranjak
SMA
C.
Pelajar yang
merokok biasanya sejak SMP dan, kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu
beranjak SMA.
D.
Pelajar yang
merokok biasanya sejak SMP dan kebanyakan waktu kelas 3 SMP atau waktu beranjak
SMA
Perhatikan
dua teks berikut!
Teks cerpen
Konon tersebutlah
seorang raja yang bernama Prabu Baka.Beliau bertahta di Prambanan.Raja ini
seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya.Meskipun demikian, kalau
sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging.Prabu Baka meninggal di medan perang. Kemenangan Raja Pengging itu
disebabkan oleh bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal
sebagai Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama
Bandung.Dengan persetujuan Raja Pengging, Bandung Bondowoso menempati Istana
Prambanan.Di sini dia terpesona oleh kecantikan Roro Jonggrang, putri bekas
lawannya.
Teks fabel
Dahulu kala ada seekor anjing yang
punya kebiasaan mendekati tumit orang. Tidak jarang pula anjing itu ‘nyokot’
tumit dari orang yang ditemuinya. Karena kebiasaan ‘nyleneh’ itu, majikannya
memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika anjing ini akan
mendekat.Si anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya.
Anjing itu sangat bangga dan sengaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia
selalu ‘muter-muter’ ke setiap penjuru.
34. Dilihat dari segi penggunaan bahasa,
perbedaan teks tersebut adalah ….
A. teks 1 menggunakan bahasa formal, teks
2 disisipi bahasa Indonesia
B.
teks 1 menggunakan bahasa formal, teks 2 disisipi bahasa daerah
C. teks 1 menggunakan bahasa lama, teks 2
disisipi bahasa Indonesia
D. teks 1 menggunakan bahasa lama, teks 2
disisipi bahasa daerah
Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Dikisahkan pada suatu hari
yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena
bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman
sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah
kepompong di atas pohon.
Teks 2
Ia lelaki tua pembuat kubah yang
bekerja setelah fajar dan berhenti saat pudar matahari. Tujuh hari sepekan,
tiga puluh hari sebulan, diselingi kegiatan lain yang tak dapat diabaikan:
makan, tidur, ke masjid tiap Jumat, bersapaan dengan tetangga atau kenalan yang
seketika lewat.
35. Dilihat dari pola penyajian, perbedaan
kedua teks tersebut adalah ….
A. Teks 1 disusun berdasar urutan
suasana, teks 2 disusun berdasar urutan tempat
B. Teks 1 disusun berdasar urutan waktu,
teks 2 disusun berdasar urutan tempat
C. Teks 1 disusun berdasar urutan tempat,
teks 2 disusun berdasar urutan suasana
D.
Teks 1 disusun berdasar urutan tempat, teks 2 disusun berdasar
urutan waktu
Bacalah
teks cerpen berikut dengan cermat! Untuk soal nomor 36-37
Pada
suatu malam yang sepi, di suatu masa, seorang petualang terjerembab di sebuah
gedung kayu yang sunyi, seperti seekor kelelawar yang patah sayapnya. Hanya ada
bekas-bekas kehidupan di situ. Di luar, suara binatang malam sesekali terdengar
bagaikan sebuah simfoni. Ia terbaring sendirian. Letih, usai bertahun-tahun
bertarung melawan dirinya sendiri. Bajunya tampak lusuh, begitu pun dengan
celana jins-nya. Tampaknya sudah lama tak tersentuh air. Asap rokok
melayang-layang dari sela-sela jemarinya yang kurus. Lirih terdengar sebuah
lagu di kejauhan. Where do I begin to tell the story of how great the love can
be… Suara Nana Mouskouri yang sendu.
36. Keunggulan teks cerpen tersebut adalah
….
A. menggambarkan suasana zaman peperangan
di negara itu.
B. pengarang menitikberatkan gambaran dan
bahasa sastra baru.
C. pembaca mudah untuk memahami bacaan
yang tinggi kebahasaannya.
D. kebahasaan yang sangat
dijiwai pengarang membuat para pembaca kagum.
37. Kelemahan teks cerpen tersebut adalah
….
A.
menggambarkan abad dua puluhan yang kemungkinan besar banyak pembaca
sulit membayangkan masa itu.
B.
menggambarkan
kisah masa kini yang kemungkinan besar banyak pembaca tidak
tertarik dan dapat
menebak isi ceritanya.
C.
menggambarkan
cerita dapat berakhir dengan hal apapun, tak harus sedih atau pun
senang.
D.
pengarang
lebih menekankan inti cerita pada arti cinta dan kesunyian.
Bacalah kutipan teks berikut dengan
cermat, kerjakan nomor 38 dan 39!
Perhatikan teks cerpen berikut ini!
Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika
ditanya oleh istrinya, ia tidak mau nenjawab. Istrinya makin ketakutan. Dibuatkannya
minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak
Salim berkata, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti
biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan Tidak adil mengapa orang lain senang dan
bahagia, saya tidak”. Jangan begitu pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain .
Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri, “Jawab istrinya.
Perhatikan Teks Fabel berikut ini!
Dahulu kala ada seekor anjing yang punya kebiaasaan
mendekati tumit orang. Tidak jarang pula anjing itu menggigit tumit orang yang
ditemuinya. Karena kebiasaan itu majikannya memasangkan kalung lonceng di
lehernya sebagai penanda jika anjing itu akan mendekat. Si anjing menganggap
bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan
sengaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Pada akhirnya anjing tesebut
menyadari kesalahannya karena kedatangan anjing tua yang memberitahukannya
bahwa lonceng yang selama ini dia banggakan, tidak seperti perkiraannya.
Lonceng tersebut adalah penanda keberadaannya, supaya orang yang mendengar
menjauh darinya karena ia mempunyai kebiasaan yang buruk.
38. Pola pengembangan teks cerita fabel tersebut adalah....
A. dikembangkan dari hal yang kecil ke yang lebih luas.
B.
dikembangkan
dari hal yang luas ke hal yang lebih sempit.
C.
dikembangkan
dari hal yang umum ke hall yang khusus.
D.
dikembangkan
dari hal yang konkrit ke hal yang lebih spesifik.
39. Penggunaan bahasa yang diri penggalan dua teks di atas adalah....
Teks cerpen
|
Teks fabel
|
|
Terdapat konjungsi,transisi,kata ganti,
modalitas,kata depan
|
|
Menggunakan konjungsi, transisi,kata ganti
|
|
Menggunakan konjungsi, kata hubung,kata ganti
|
|
Menggunakan konjungsi,kata hubung transisi,kata ganti
|
Teks berikut untuk soal nomor 40-41
Teks 1
Setiap senja, Ning, di taman dekat
sekolah, selalu ada seorang perempuan yang duduk di sudut taman. Ketika
langit mulai berwarna jingga, ia hadir di taman itu dan selalu menunggu
kedatangan dua ekor kupu-kupu cantik. Ya, keduanya cantik. Yang seekor bersayap
hijau dengan serat-serat kecokelatan pada garis guratannya. Kira-kira seperti
daging buah avokad yang matang.
|
Teks 2
Dikisahkan pada suatu malam yang
cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
Ia sangat bahagia karena bisa
melihat bintang yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menikmati
kesunyian malam. Dia juga sambil mendengarkan lolongan anjing.
|
40. Isi cerita kedua teks di atas adalah….
A.
Menunggu
kedatangan seekor kupu-kupu dan bahagia menikmati keindahan malam.
B.
bahagia
menikmati keindahan malam dan menunggu kedatangan seekor kupu-kupu
C.
Menunggu
kedatangan seekor kura-kura dan bahagia menikmati keindahan alam
D.
Menunggu
datangnya keindahan malam dan bahagia menikmati keindahan malam.
41. Perbedaan pola pengembangan kedua teks
tersebut adalah….
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
Urutan waktu
|
Urutan
tempat
|
B.
|
Urutan ruang
|
Urutan waktu
|
C.
|
Urutan
tempat
|
Urutan
waktu
|
D.
|
Urutan ruang
|
Urutan
tempat
|
Teks 1
“Kamu…ngapain
manggil-manggil aku. Aku aja enggak kenal kamu, udah gitu manggilnya enggak
pake mbak lagi. Dasar enggak sopan!” kataku.
|
Teks 2
Terimakasih
Landa, kami minta maaf atas sikap kami selama ini,’’ kata monyet sambil
tersenyum tulus. Akhirnya, Landa tidak lagi kesepian. Kini, dia mempunyai
banyak teman yang membuat hidupnya
lebih bahagia.
|
42. Perbedaan penyajian bahasa dari kedua teks tersebut
adalah….
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
Ragam resmi
|
Ragam santai
|
B.
|
Ragam budaya
|
Ragam formal
|
C.
|
Ragam resmi
|
Ragam melayu
|
D.
|
Ragam
bebas
|
Ragam
resmi
|
43. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sampah
merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak terpakai.Sampah
merupakan barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari
lingkungan.Sampah pada
prinsipnya dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah
organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan
hewan, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan
makhluk hidup seperti plastik, kaca.
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan
industri daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dapat
dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat
diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1)
teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting),
(3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang
(recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator)
menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat
dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting)
menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi
penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah.
Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah
sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Jika teks tersebut diubah menjadi teks
eksposisi, bentuk teks yang tepat adalah ….
A. .
Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan,
kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi
barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Sampah
anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling),
sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi
pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan
bangunan.
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1)
teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting),
(3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang
(recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator)
menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang
dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting)
menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi
penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah.
Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah
sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Persoalannya adalah sebagian besar masyarakat belum
menyadari pentingnya teknologi pengolahan sampah. Sekarang bergantung pada
masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai bahan yang kotor, berbau,
menjijikkan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang bermanfaat bagi
kehidupan.
B. .
Sampah
merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak terpakai.Sampah pada prinsipnya dibagi menjadi dua,
yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah sampah yang
berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan sampah
anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup seperti
plastik, kaca.
Sampah anorganik membantu mengembangkan industri
daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dimanfaatkan
industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi
industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1)
teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting),
(3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang
(recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping
berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi
listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos
yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill)
dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling)
dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
C. .
Sampah
bertebaran hampir di semua tempat.Keberadaan sampah ibarat ada manusia pasti
ada sampah.Sampah merupakan benda/barang sisa yang sudah dibuang dan tidak
terpakai.Sampah pada prinsipnya dibagi
menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.Sampah organik adalah
sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan
sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sampah bukan makhluk hidup
seperti plastik, kaca.
Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan
industri daur ulang (recycling).Sementara itu, sampah organik dapat
dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat
diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1)
teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting),
(3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang
(recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping
berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi
listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos
yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill)
dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling)
dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
D. .
Dengan
teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor,
berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang
yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Ada
beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut.
Pertama,
sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling).Selanjutnya,
industri pengolah sampah dapat memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk
organik dan energi/industri bahan bangunan.
Kedua, teknologi pembakaran (incinerator)
menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat
dikonservasikan menjadi energi listrik.Di samping itu, teknologi pengomposan (composting)
menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
Ketiga,
masyarakat bisa memanfaatkan teknologi penimbunan tanah (land fill)
untuk menimbun tanah rendah.Masyarakat bisa juga memanfaatkan teknologi daur
ulang (recycling) untuk mengolah sampah menjadi barang jadi seperti
kardus dan kaca.
Dengan
demikian, sampah dapat bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.Nilai
ekonomi itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang memanfaatkan sampah.
44. Perhatikan konteks berikut!
Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya dengan kehidupan
biota laut. Indonesia memiliki banyak taman laut yang bukan hanya dikenal di
Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Daerah Papua yang masih perawan memiliki
biota laut yang sangat khas, begitu juga beberapa perairan di Maluku. Kita
bangga memiliki taman laut yang indah dan terkenal itu. Daerah wisata itu akan
terganggu ekosistemnya jika kita tidak menjaganya. Untuk itu, pemerintah harus
mempunyai aturan agar biota laut Indonesia dapat hidup aman dan bermanfaat bagi
kita.
Jika konteks tersebut ditulis ke dalam
bentuk teks observasi, bentuk yang tepat adalah ….
A.
Indonesia memiliki taman
laut yang sangat indah. Taman laut yang dimiliki Indonesia berada hampir di
seluruh laut di Indonesia.
Keindahan taman laut di
Indonesia bis terjaga karena Indonesia melakukan konservasi dan pelestarian
yang sangat baik. Masyarakat dilarang untuk mengambil kekayaan alam laut secara
membabi buta. Masyarakat dilarang merusak terumbu karang, menangkap ikan dengan
pukat harimau, dan memakai bom buatan.
Pelanggaran yang
dilakukan oleh masyarakat adakan diberi sanksi tegas bahakan hukuman penjara.
Oleh karena itu, kelestarian biota bawah laut tetap terjaga.
B.
Biota laut
adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada
di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat
berlimpah.Biota laut itu di antaranya adalah terumbu karang.
Terumbu
karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini
hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan
yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu
tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping
itu,
terumbu karang atau biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan
pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi
Tenggara, dan Bunaken di Menado.
C.
Indonesia sangat kaya dengan kehidupan biota laut. Indonesia
memiliki banyak
taman laut yang bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga
di mancanegara.
Daerah Papua yang masih perawan memiliki biota laut yang sangat
khas, begitu
juga beberapa perairan di Maluku. Kita bangga memiliki taman laut
yang indah dan
terkenal itu.
Daerah wisata itu akan terganggu ekosistemnya jika kita tidak
menjaganya. Untuk
itu, pemerintah harus mempunyai aturan agar biota laut
Indonesia dapat hidup
aman dan bermanfaat bagi kita. Pemerintah membuat program
pelestarian bagi
terumbu karang, ikan, dan habitat hidup biota laut.
Tempat-tempat yang menjadi program pelestarian tersebut seperti Raja Ampat di
Papua, Pulau
Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado.
D.
Terumbu
karang berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, terumbu
karang atau
biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata,
seperti Raja
Ampat di Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan
Bunaken di Menado.
Terumbu karang di Taman
Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai
atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada
kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu,
serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
Terumbu karang
mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan warna yang berbeda pula.Terumbu karang
dapat hidup dengan lestari jika pemerintah dan masyarakat ikut andil dalam
pelestarian biota laut di Indonesia.
45. Perhatikan kutipan teks berikut!
Pada masa
pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, wacana ini kembali
muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya
perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun. Sekretaris Negara mengklaim bahwa
jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri bagi menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti yang
selama ini dilakukan. Sistim carter
ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya
terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75
miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 turun lagi ke angka Rp180 miliar.
Penggunaan kata yang tercetak miring
pada teks di atas kurang tepat. Perbaikan yang tepat adalah ….
A. karena, Sistem, sama
B. untuk, Sistem, naik
C. daripada, Sistem, naik
D. oleh, Sistem, sama
46. Perhatikan kutipan teks berikut!
Game
online banyak
dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online
dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Dan banyak hal-hal yang berdampak
baik dari game onlineini. Berikut ini hal-hal yang dapat memengaruhi
anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara
berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema
kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan
tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung
oleh anak-anak.
Kalimat yang bergaris bawah pada teks
tersebut kurang tepat. Perbaikan yang tepat adalah ….
A. Oleh sebab itu, banyak hal yang
berdampak baik dari game online ini.
B. Akan tetapi, banyak hal-hal yang
berdampak baik dari game online
ini.
C. Oleh sebab itu, banyak hal yang
berdampak kurang baik dari game online
ini
D.
Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game
onlineini
47. Perhatikan kutipan teks berikut!
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan memperkuat pendidikan vocasi di jenjang menengah dengan terus menambah Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK).
Perbaikan
kata yang bercetak miring tersebut adalah ….
A.
vokasion
B.
vokasi
C.
vacationing
D.
vocasi
48. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sebagai
sosok yang bertanggung jawab untuk mengantarkan anak-anak menuju masa
depannya, orang tua memiliki tanggung
jawab dan pilihan untuk memberikan yang terbaik bagi para anak-anak.
Penggunaan
kata yang salah dalam kalimat tersebut terletak pada kata ….
A.
bertanggung jawab seharusnya bertanggungjawab
B.
mengantarkan seharusnya menghantarkan
C.
orang tua seharusnya ayah/ibu
D.
Para anak-anak seharusnya anak-anak
49. Perhatikan teks berikut!
Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa perbandingan SMA dan SMK saat ini
masih 51berbanding 49.
Letak
kesalahan dalam kalimat tersebut adalah ….
A.
kata
SMA dan SMK sebaiknya ditulis SMA/SMK
B.
kurang kata persen setelah 51 dan 49
C.
Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan sebaiknya ditulis Mentri pendidikan dan
kebudayaan
D.
kata
mengatakan seharusnya diganti dikatakan
50. Perhatikan teks berikut!
(1) Walaupun orang tua menjadi
penanggung jawab utama, pendidikan sekolah formal tidak hanya dan tidak harus
dilakukan oleh orang tua. (2) Dalam homeschooling, selain mengajar sendiri,
orang tua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus,
melibatkan anak pada proses magang (internship), dan sebagainya. (3)
Sesuai dengan namanya, proses sekolah rumah memang berpusat di rumah. (4)
Meskipun demikian, proses sekolah rumah umumnya tidak hanya mengambil lokasi di
rumah, tetapi juga dapat menggunakan lokasi di tempat lain, sarana apa saja,
dan di mana saja.
Kalimat
yang tidak padu dalam paragraf tersebut terletak pada kalimat ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
0 Response to "SOAL DAN KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL SMP"
Post a Comment