Tindak lanjut: Hasil teks LHO yang terkumpul dapat dibukukan secara
sederhana dan disimpan di perpustakaan sekolah.
Lampiran Materi Pembelajaran
Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi
tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau
penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa
hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau
ekosistem tertentu.
Teks laporan hasil observasi biasanya
berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya
adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari
sudut pandang keilmuan kepada pembaca.
Ciri-Ciri Teks Laporan Observasi
- Teks bersifat objektif, yakni penulis tidak dibenarkan untuk memihak
kepada orang atau pihak tertentu.
- Teks berdasarkan fakta, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan
atau pengamatan berdasarkan data yang sebenarnya dalam kehidupan nyata dan
bukan hasil karangan, khayalan, imajinasi, atau angan-angan penulis.
- Teks bersifat khusus atau spesifik, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan
atau pengamatan secara jelas pada suatu hal atau permasalahan dan tidak
membahas hal lain di luar hal atau masalah yang dibahas.
- Teks disajikan secara lengkap, yakni penulis harus menyajikan atau memberikan
semua hasil peninjauan atau pengamatan yang dibutuhkan untuk keperluan
pembaca tanpa terkecuali secara terperinci satu per satu.
- Teks disajikan secara menarik dan mudah dipahami
oleh pembaca, yakni penulis harus menyesuaikan
teks laporan observasi yang dibuatnya dengan kebutuhan pembacanya.
Struktur Teks Laporan Observasi
- Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan.
Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas,
informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
- Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau
binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan
berupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang
lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau
yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek
dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus
objek.
- Deskripsi manfaat berisi setiap objek yang diamati memiliki manfaat
dalam kehidupan.
Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi
Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi
secara objektif dan fakta yang ada dilapangan sesuai hasil pengamatan yang
didapatkan, tujuan yang lainnya yaitu :
- Untuk penelitian
- Untuk memberikan informasi terbaru
- Untuk mengatasi suatu persoalan.
- Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.
- Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.
- Untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
- Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Cara menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi
Sebuah ringkasan pada dasarnya
merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan
tetap memerhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat)
pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan.
Untuk menyusun sebuah ringkasan, hal
yang pertama harus dilakukan adalah membaca pemahaman isi teks, kemudian
menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya. Pokok-pokok isi sebuah teks
dapat ditemukan dengan menemukan kalimat utamanya.
Kalimat utama adalah kalimat yang di
dalamnya mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar
pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama bersifat umum dan dapat merangkum
semua isi yang ada dalam sebuah paragraf.
Berikut cara menyusun ringkasan yang baik.
- mencatat teks yang akan diringkas dengan
teliti;
- mencatat pokok-pokok gagasan yang menjadi inti teks.
- merangkaikan kembali teks tersebut dengan
kalimat sendiri secara ringkas berdasarkan pokok-pokok gagasan yang
telah dicatat;
- menyunting ringkasan, baik dari segi isi
maupun bahasa.
Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan observasi memiliki fungsi atau manfaat
bagi diri sendiri maupun orang lain, fungsinya
- Sebagai bahan penelitian
- Sebagai sumber yang dapat dipercaya
- Sebagai laporan tugas dan kegiatan pengamatan
- Sebagai dokumentasi
- Sebagai ilmu pengetahuan
- Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau
pemecahan masalah dalam pengamatan.
Syarat/Kriteria Teks Laporan Hasil Observasi yang Baik
dan Benar
Agar teks laporan hasil observasi dapat diterima
dengan baik dan benar, maka harus memenuhi syarat atau kriteria, diantaranya
yaitu,
- Memiliki susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
- Dalam struktur teks tidak memiliki kesimpulan/penutup teks, bagian
akhirnya hanya digunakan untuk deskripsi manfaat atau kegunaan.
- Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
- Teks menjelaskan sebuah informasi yang benar adanya (sesuai fakta) dan
dapat dibuktikan kebenarannya.
Remedial
Bagi peserta didik
yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa
memberikan soal tambahan misalnya.
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
Guru memberikan
nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1. Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
2. Mencari informasi secara online tentang materi
3. Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang materi
4. Mengamati langsung tentang materi yang ada di
lingkungan sekitar.
Lampiran
Instrumen Lembar Observasi / Pengamatan
Sikap Spiritual
No.
|
Sikap/
Nilai
|
Indikator
|
1
|
Jujur
|
Menunjukkan perilaku tidak
berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun
pesan.
|
Berperilaku selalu dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
|
2
|
Tanggung jawab
|
Berperilaku selalu melaksanakan
tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks eksposisi.
|
Berperilaku selalu menyelesaikan
tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan
pembelajaran teks eksposisi.
|
3
|
Santun
|
Menggunakan pilihan kata,
ekspresi, dan gesture santun.
|
Berperilaku yang menunjukkan
sifat halus dan baik dari sudut pandang bahasa maupun tata
perilakunya ke semua orang.
|
Lembar Observasi
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Jumlah Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Pernyataan umum teks laporan hasil
observasi
|
esai
|
2
|
Isi teks LHO
|
esai
|
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrument Penilaian
|
3.
|
Peserta didik dapat memahami unsur teks laporan
hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan unsur-unsur teks laporan
hasil observasi!
|
4.
|
Peserta didik dapat menentukan unsur (struktur) teks
LHO
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Mengidentifikasi teks LHO sesuai
dengan strukturnya!
|
Penilaian Keterampilan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
5.
|
Membuat teks hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Buatlah teks laporan hasil
observasi sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing!
|
Bentuk
Soal
1. Menganalisis
kebenaran kalimat definisi. Bila masih salah, benahilah sehingga menjadi benar.
“Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu
proses.”
2. Buatlah
kalimat penjelas dari gagasan pokok berikut “Sampah merupakan material sisa
yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.”
3. Jelaskan
yang dimaksud dengan teks LHO?
4. Jelaskan
struktur teks LHO dengan benar!
5. Buatlah teks
LHO sesuai dengan bidang pekerjaan !
Jawab :
1. Sampah merupakan material sisa yang
memiliki nilai ekonomis apabila masyarakat mau
mendaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.
2. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan
setelah berakhirnya suatu
proses.Berdasarkan sifatnya sampah dibagi menjadi dua
yaitu organik dan anorganik. Contoh
sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk
seperti makanan,sayuran,daun-daun
kering dan lain-lain. Contoh sampah anorganik
adalah sampah yangv tidak muda membusuk
seperti plastik,kaca kayu,kaleng,dan
lain-lain.
3. Teks laporan observasi
adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu
objek atau situasi, atau penelitian secara sistematis dapat berupa hasil riset
secara mendalam
tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau
ekosistem tertentu.
- Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan.
Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas,
informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan). Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau
binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan berupa
perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain.
Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang
dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari
berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Deskripsi manfaat berisi setiap objek yang diamati memiliki manfaat
dalam kehidupan.
5.
Cinta
Lingkungan
Definisi Umum :
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di
sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi
benda hidupdan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak
seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api,
batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat
menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Deskripsi Bagian :
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia
memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat
tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung
cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah
satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah
airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar
dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikanberkembang
biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan
tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian,
ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.
Deskripsi Manfaat :
Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan
dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada
seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan
agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi
kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
Pedoman penskoran aspek pengetahuan
SKOR BETUL 5 + 5 + 5 + 5 = 20
Pedoman skor aspek keterampilan
SKOR BETUL : Pernyataan umum (20), deskripsi bagian (40), manfaat (20) = 80
Jumlah skor 20 + 80 = 100
Kebumen, 11 Juli 2020
Mengetahui
Kepala SMK Taman
Karya
Guru Mata Pelajaran
Madya Teknik Kebumen
JOKO PURWANTO, M.Pd
BENI PURNA I, S. Pd.
NPA.
3994
mantap jiwa.
ReplyDeleteSemoga bermanfaat untuk kawan guru lainnya
Delete🖒
ReplyDeleteSiap🖒
ReplyDeleteOke siap
ReplyDeleteOke sihiaaaps
ReplyDeleteOk
ReplyDelete