CONTOH RPP TERBARU 1 LEMBAR REKOMENDED MENDIKBUD NADIEM KARIM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Satuan Pendidikan
SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester/ TP
X/ Gasal/ 2020/ 2021
Alokasi Waktu
8 JP
Materi Pembelajaran
Teks laporan hasil observasi, unsur-unsur laporan hasil observasi, dan isi teks LHO
Tujuan Pembelajaran



KD 3



 KD 4
3.1 Memahami teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis


4.1. Menyajikan isi teks (gagasan) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
IPK 3
IPK 4
3.1.1        Mengemukakan struktur teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan


4.1.1        Mengidentifikasikan isi teks (intisari) teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan


Model:
Contextual Teaching and Learning (CTL).
Produk:
1. Laporan hasil diskusi kelompok.
2. Teks laporan hasil observasi sesuai dengan bidang pekerjaan

Deskripsi:
Peserta didik secara kolaboratif memanfaatkan internet untuk menemukan sumber belajar LHO, melakukan analisis, dan menulis teks LHO sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.
Langkah pembelajaran:
1. Modelling/ Pemberian Contoh
- Guru menunjukkan beberapa contoh video LHO / teks laporan sesuai dengan bidang pekerjaan
- Peserta didik mengamati tayangan video dan membaca beberapa contoh laporan.
2. Questioning/ Menanya

Guru menugaskan peserta didik untuk berkelompok dan saling bertanya jawab seputar isi video.
3. Learning Community/ Komunitas Pembelajar

Peserta didik melakukan analisis terhadap tayangan video, mengumpulkan informasi mengenai LHO, unsur LHO, dan isi dari LHO berdasarkan sumber informasi
4. Inquiri/ Inkuiri (identifikasi, investigasi, hipotesis, generalisasi, menemukan)

Peserta didik menemukan unsur dan isi teks LHO
5. Constructivism (membangun pemahaman, mengonstruksi konsep, analisis-sintesis)

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi mengenai unsur dan isi teks teks LHO secara tertulis dan lisan
6. Refleksi

Guru bersama peserta didik membuat rangkuman dan simpulan atas kegiatan belajar yang telah dilaksanakan.
Alat, Bahan, dan Media:
Buku peket, video LHO, buku pegangan siswa, buku pegangan guru, HP android/ Laptop/ Komputer, jaringan internet, LCD.
Authentic Assesmen/ Penilaian Otentik
Berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh, guru mengarahkan peserta didik untuk menulis teks LHO sesuai bidang pekerjaan masing-masing dilingkungan terdekat. Hasil penyusunan teks dipresentasikan.
Tindak lanjut: Hasil teks LHO yang terkumpul dapat dibukukan secara sederhana dan disimpan di perpustakaan sekolah. 




Lampiran Materi Pembelajaran

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.
Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Ciri-Ciri Teks Laporan Observasi
  1. Teks bersifat objektif, yakni penulis tidak dibenarkan untuk memihak kepada orang atau pihak tertentu.
  2. Teks berdasarkan fakta, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan berdasarkan data yang sebenarnya dalam kehidupan nyata dan bukan hasil karangan, khayalan, imajinasi, atau angan-angan penulis.
  3. Teks bersifat khusus atau spesifik, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan secara jelas pada suatu hal atau permasalahan dan tidak membahas hal lain di luar hal atau masalah yang dibahas.
  4. Teks disajikan secara lengkap, yakni penulis harus menyajikan atau memberikan semua hasil peninjauan atau pengamatan yang dibutuhkan untuk keperluan pembaca tanpa terkecuali secara terperinci satu per satu.
  5. Teks disajikan secara menarik dan mudah dipahami oleh pembaca, yakni penulis harus menyesuaikan teks laporan observasi yang dibuatnya dengan kebutuhan pembacanya.
Struktur Teks Laporan Observasi
  1. Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan berupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Deskripsi manfaat berisi setiap objek yang diamati memiliki manfaat dalam kehidupan.
Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi
Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi secara objektif dan fakta yang ada dilapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan, tujuan yang lainnya yaitu :
  1. Untuk penelitian
  2. Untuk memberikan informasi terbaru
  3. Untuk mengatasi suatu persoalan.
  4. Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.
  5. Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.
  6. Untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
  7. Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Cara menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi

Sebuah ringkasan pada dasarnya merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memerhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat) pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan. 
Untuk menyusun sebuah ringkasan, hal yang pertama harus dilakukan adalah membaca pemahaman isi teks, kemudian menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya. Pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan menemukan kalimat utamanya. 
Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama bersifat umum dan dapat merangkum semua isi yang ada dalam sebuah paragraf. 
Berikut cara menyusun ringkasan yang baik.
  1. mencatat teks yang akan diringkas dengan teliti;
  2. mencatat pokok-pokok gagasan yang menjadi inti teks.
  3. merangkaikan kembali teks tersebut dengan kalimat sendiri secara ringkas berdasarkan pokok-pokok gagasan yang telah dicatat;
  4. menyunting ringkasan, baik dari segi isi maupun bahasa.
Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan observasi memiliki fungsi atau manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, fungsinya
  1. Sebagai bahan penelitian
  2. Sebagai sumber yang dapat dipercaya
  3. Sebagai laporan tugas dan kegiatan pengamatan
  4. Sebagai dokumentasi
  5. Sebagai ilmu pengetahuan
  6. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
Syarat/Kriteria Teks Laporan Hasil Observasi yang Baik dan Benar
Agar teks laporan hasil observasi dapat diterima dengan baik dan benar, maka harus memenuhi syarat atau kriteria, diantaranya yaitu,
  1. Memiliki susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
  2. Dalam struktur teks tidak memiliki kesimpulan/penutup teks, bagian akhirnya hanya digunakan untuk deskripsi manfaat atau kegunaan.
  3. Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
  4. Teks menjelaskan sebuah informasi yang benar adanya (sesuai fakta) dan dapat dibuktikan kebenarannya.
 
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya.

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                           
No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
  1.      Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
  2.      Mencari informasi secara online tentang materi
  3.      Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang materi
  4.      Mengamati langsung tentang materi yang ada di lingkungan sekitar.

Lampiran
Instrumen Lembar Observasi / Pengamatan
Sikap Spiritual
No.
Sikap/
Nilai
Indikator
1
Jujur
Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan.
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
2
Tanggung jawab
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks eksposisi.
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks eksposisi.
3
Santun
Menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
Berperilaku yang menunjukkan sifat  halus dan baik  dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.

Lembar Observasi
No
Nama Siswa
Jujur
Tanggung jawab
Santun
Jumlah Skor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
………..













2.
………..














Penilaian Pengetahuan

No.
Indikator
Butir Soal
1
Pernyataan umum teks laporan hasil observasi
esai
2
Isi teks LHO
esai

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrument Penilaian
3.
Peserta didik dapat memahami unsur teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan unsur-unsur teks laporan hasil observasi!
4.
Peserta didik dapat menentukan unsur (struktur) teks LHO
Tes tertulis
Uraian
Mengidentifikasi teks LHO sesuai dengan strukturnya!

Penilaian Keterampilan
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
5.
Membuat teks hasil observasi
Tes tertulis
Uraian
Buatlah teks laporan hasil observasi sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing!


            Bentuk Soal
1.      Menganalisis kebenaran kalimat definisi. Bila masih salah, benahilah sehingga menjadi benar. “Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.”
2.      Buatlah kalimat penjelas dari gagasan pokok berikut “Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.”
3.      Jelaskan yang dimaksud dengan teks LHO?
4.      Jelaskan struktur teks LHO dengan benar!
5.      Buatlah teks LHO sesuai dengan bidang pekerjaan !

Jawab :

            1.     Sampah merupakan material sisa yang memiliki nilai ekonomis apabila masyarakat mau 
                  mendaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.
           2.       Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu   
                  proses.Berdasarkan sifatnya sampah dibagi menjadi dua yaitu organik dan anorganik. Contoh 
                  sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti makanan,sayuran,daun-daun 
                  kering dan lain-lain. Contoh sampah anorganik adalah sampah yangv tidak muda membusuk 
                  seperti plastik,kaca kayu,kaleng,dan lain-lain.
           3.      Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu 
                 objek atau situasi, atau penelitian secara sistematis dapat berupa hasil riset secara mendalam 
                 tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.
  1. Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan). Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan berupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Deskripsi manfaat berisi setiap objek yang diamati memiliki manfaat dalam kehidupan.
5.       
Cinta Lingkungan
Definisi Umum :
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidupdan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Deskripsi Bagian :
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikanberkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.
Deskripsi Manfaat :
Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

            Pedoman penskoran aspek pengetahuan
            SKOR BETUL  5 + 5 + 5 + 5 = 20
            Pedoman skor aspek keterampilan
            SKOR BETUL : Pernyataan umum (20), deskripsi bagian (40), manfaat (20) = 80
            Jumlah skor  20 + 80 = 100

                                                                                            Kebumen, 11 Juli 2020
Mengetahui
Kepala SMK Taman Karya                                                Guru Mata Pelajaran
Madya Teknik Kebumen



JOKO PURWANTO, M.Pd                                                BENI PURNA I, S. Pd.
NPA. 3994                                                                         





















7 Responses to "CONTOH RPP TERBARU 1 LEMBAR REKOMENDED MENDIKBUD NADIEM KARIM"

Iklan Atas Artikel

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Iklan Tengah Artikel 1

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel